UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU DI INDONESIA DI KELAS V

FUJI AYU LESTARI, 085060139 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU DI INDONESIA DI KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER DEPAN.docx

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
LOGO PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DATA RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Pembelajaran IPS sangat penting bagi manusia sebab IPS adalah mendidik siswa dalam mengembangkan akal pikiran, prilaku dan sikap. Dalam hal ini pendidikan IPS perlu dikembangkan terutama pada pendidikan jenjang sekolah dasar. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Berdasarkan pengalaman dalam kegiatan proses pembelajaran di SD Negeri Manoko Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Nilai pada mata pelajaran IPS masih rendah, pada memahami materi serta memotivasi semangat belajar yang kurang, oleh karena itu siswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan yaitu dibawah nilai ketuntasan minimal, terutama pokok bahasan tokoh-tokoh pada masa Hindu di Indonesia, Metode penelitian yang dilakukan dalam PTK ini adalah kooperatif tipe STAD yang menggunakan bantuan media gambar Puzzle untuk memberikan motivasi rangsangan belajar, supaya mendapatkan hasil nilai yang diharapkan, maka dalam penelitian ini peneliti melakukan dan melaksanakan tiga siklus. Dengan jumlah peserta didik 26 siswa yang terbagi dalam 13 laki-laki dan 13 perempuan, adapun instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, hasil motivasi belajar, wawancara, lembar observasi dan catatan data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas. Dari hasil motivasi belajar tercatat bahwa dari hasil penilaianpada setiap siklusnya meningkat, pada hasil siklus I, 30,7%, siklus II 40,0 % dan pada siklus III 56,1 %. Selain itu motivasi belajar dapat meningkatnya hasil prestasi belajar dengan nilai rata-rata pada siklus I, 51.54, siklus II, 79.62 dan pada siklus III Yaitu 87.69. Dengan demikian motivasi belajar sangat mempengaruhi pada hasil prestasi belajar siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kooperatife tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 19:38
Last Modified: 26 Oct 2016 19:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item