PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas dalam proses pembelajaran IPS di Kelas V SDN Panongan II Kec. Jatitujuh Kab. Majalengka )

M. Azi Rahmat Fauzi, 085060087 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas dalam proses pembelajaran IPS di Kelas V SDN Panongan II Kec. Jatitujuh Kab. Majalengka ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (204kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panongan II Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka dengan subjek penlitian siswa kelas V dengan jumlah 20 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran IPS yang kurang bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan seblumnya bahwa proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor lain yang runtut menyumbang kondisi ini adalah kemampuan propesional guru yang masih kurang, misalnya penggunaan media dan alat peraga, dan kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Faktor lain adalah cara mengajar guru yang masih monoton, kurang inovatif dan variatif dalam menggunakan strategi pembelajaran, sehingga siswa menjdi mudah bosan dan tidak termotivasi. penlitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajr siswa pada pembelajaran IPS melalui proses pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan guru dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran IPS di SD, melalui model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 2 siklus atau tindakan, setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan revleksi, dngan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar di peroleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan repleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajr dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata- rata sebesar 30% Siklus I nilai rata 60% menjadi 90% pada siklus II. Aktivitas dalam diskusi juga mengalami peningkatan preesentase yaitu dari 35% pada siklus I menjadi 90% pada Siklus II. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah- masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: penerapan model pembelajaran koopratif teknik jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 18:22
Last Modified: 25 Oct 2016 18:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item