EKSISTENSI DIRI FASHION BLOGGER DI AJANG INDONESIA FASHION WEEK Studi Fenomenologi Mengenai Eksistensi Diri Fashion Blogger Di Ajang Indonesia Fashion Week

Bagus Bhakti Dewantara, 112050277 (2016) EKSISTENSI DIRI FASHION BLOGGER DI AJANG INDONESIA FASHION WEEK Studi Fenomenologi Mengenai Eksistensi Diri Fashion Blogger Di Ajang Indonesia Fashion Week. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (32kB)
[img] Text
9. BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
8. BAB 1.docx

Download (52kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA skripsi.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Eksistensi Diri Fashion Blogger Di Ajang Indonesia Fashion Week (Studi Fenomenologi Mengenai Eksistensi Diri Fashion Blogger di Ajang Indonesia Fashion Week ). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan fashion blogger di Indonesia Fashion Week terhadap eksistensi diri, untuk mengetahui motif fashion blogger dalam memperoleh eksistensi diri melalui ajang Indonesia Fashion Week serta memahami interaksi antara sesama fashion blogger di ajang Indonesia Fashion Week. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan mempelajari buku- buku referensi, observasi langsung ke lapangan, wawancara mendalam, juga penelusuran data lewat internet yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Subjek pada penelitian ini adalah para fashion blogger di Indonesia yang menghadiri ajang Indonesia Fashion Week. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang pernah sekali atau beberapa kali menghadiri ajang Indonesia Fashion Week. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa efektifkah peningkatan eksistensi diri para fashion blogger dengan menghadiri ajang Indonesia Fashion Week, khususnya kesepuluh narasumber dalam penelitian ini adalah: secara umum mereka menggunakan media sosial online seperti blog, wordpress, tumblr untuk memposting foto, artikel, video menyangkut fashion, saling berinteraksi dengan sesama fashion blogger lainnya, meningkatkan rasa percaya diri dan sebagai ajang eksistensi diri. Pemaknaan eksistensi diri oleh setiap fashion blogger berbeda-beda sesuai dengan latar belakang yang mempengaruhi kehidupan mereka masing-masing. Dengan menghadiri ajang Indonesia Fashion Week, mereka merasa banyak yang mengapresiasi gaya berpakaiannya serta secara tidak langsung telah menambah eksistensi diri tidak hanya di dunia maya tetapi juga di dunia nyata. Interaksi antara fashion blogger menunjukkan bahwa keberadaan mereka diakui oleh fashion blogger lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan kesimpulan bahwa hadirnya Indonesia Fasion Week telah memberi ruang nyata bagi para fashion blogger Indonesia untuk mengekspresikan dan memperoleh eksistensi dirinya secara langsung, yang mana sebelumnya hanya dapat mereka peroleh di dunia maya atau melalui media sosial online saja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:54
Last Modified: 03 Oct 2016 13:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item