Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Windows Movie Maker dalam Upaya Peningkatan Menulis Cerpen (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IX SMP Islam Assabiquun Kabupaten Bekasi)

Siti, Nurjanah (2016) Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Windows Movie Maker dalam Upaya Peningkatan Menulis Cerpen (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IX SMP Islam Assabiquun Kabupaten Bekasi). Thesis(S2) thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK BI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1 BI.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Islam Assabiquun Kabupaten Bekasi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah yaitu minimnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model project based learning dengan menggunakan media windows movie maker. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah penerapan model project based learning dengan media windows movie maker dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa?. Sedangkan hipotesis tindakan dari penelitian ini adalah Penerapan model project based learning dengan media windows movie maker dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa lebih besar atau sama dengan 75. Penelitian tindakan kelas ini berdasar pada model refleksi diri Kemmis and Taggart yang berlangsung selama 2 siklus. Berdasarkan pengamatan observer, aktivitas guru dalam penelitian tindakan kelas ini terus mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dan siklusnya, mulai dari siklus 1 pertemuan pertama guru memperoleh nilai 82,5, hingga pada siklus 2 pertemuan terakhir mendapatkan nilai 97,5. Demikian pula dengan aktivitas siswa pada sikus 1 pertemuan pertama dengan nilai 75, meningkat pada siklus 2 pertemuan terakhir dengan nilai 95. Hal tersebut menunjukan bahwa guru dan siswa berupaya memperbaiki kekurangan pada setiap aktivitas pembelajarannya. Berdasarkan angket yang telah diisi oleh siswa, siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran menulis cerpen menggunakan project based learning dan media windows movie maker. Siswa hampir memilih sangat setuju dan setuju untuk setiap butir soal angket. Pada akhirnya, penggunaan Model Project Based Learning dengan Media Windows Movie Maker dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai rata-rata pretes sebesar 42,4 meningkat pada siklus 1 dengan rata-rata 78, kemudian meningkat kembali pada siklus 2 dengan rata-rata 85,4. Hasil uji hipotesis pada penelitian tindakan kelas ini diperoleh t hitung sebesar 6,992. Sementara itu dengan derajat kebebasan 19 pada taraf signifikansi 0,05 (5%) diperoleh nilai t tabel sebesar 1,729. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 6,992 > 1,729 yang menyebabkan Ho diterima, yaitu kemampuan menulis cerpen siswa menggunakan model project based learning dengan media windows movie maker memperoleh nilai lebih dari sama dengan 75. Kata-kata kunci: model project based learning, media windows movie maker, menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016
Depositing User: mr Azis -
Date Deposited: 01 Oct 2016 17:14
Last Modified: 01 Oct 2016 17:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item