PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Struktur Rangka Manusia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soka 34 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

RIMA ROHIMAH FAUZIYAH, 125060230 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Struktur Rangka Manusia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soka 34 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dalam materi rangka manusia di latar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa belum menca pai KKM karena kurangnya pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ininmenggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas IV D SD N Soka 34 Bandung dengan jumlah 16 siswa laki - laki dan 8 orang siswa perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 14 siswa atau sekitar 45% dari 24 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 10 orang atau 17,5% dari jumlah se mua siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa atau 92,08% dari 24 orang siswa, dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 1 orang atau sebesar 2,5% dari jumlah seluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemb elajaran mind mapping pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Mind Mapping , P embelajaran IPA, PTK ( Penelitian Tindakan Kelas), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:38
Last Modified: 28 Sep 2016 15:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item