IMPLEMENTASI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DALAM PEMBELAJARAN LINGKUNGAN PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 42 TANJUNGPANDAN

FEBRIARIYANDI, 105060289 (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DALAM PEMBELAJARAN LINGKUNGAN PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 42 TANJUNGPANDAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b. ind.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak b. ing.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 kajian teori.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi nyata bahwa banyak dijumpai gaya mengajar guru belum maksimal sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang tidak efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas serta hasil pembelajaran yang masih standar dalam mengajar tersebut. Siswa akan menjadi pusat pembelajaran karena siswa adalah subjek didik. Pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi lingkungan di kelas III SD NEGERI 42 TANJUNGPANDAN guru menemukan kesulitan untuk pembelajaran tersebut. Dari permasalahan tersebut, penulis menyusun karya tulis berjudul “ Implementasi teknik mind mapping untuk meningkatkan daya ingat dalam pembelajaran lingkungan pembelajaran IPS kelas III SD NEGERI 42 TANJUNGPANDAN”. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui daya ingat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi lingkungan melalui metode mind mapping di kelas III SD NEGERI 42 TANJUNGPANDAN. Penelitian Tindakan Kelas melalui 3 siklus perbaikan pembelajaran, hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pada siklus I nilainya 65.00%, siklus II nilainya 69.00% dan pada siklus III nilainya 78.00%. dari data tersebut menunjukan bahwa dengan menggunakan teknik mind mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam pembelajaran lingkungan dapat meningkatkan daya ingat siswa. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru hendaknya menggunakan teknik mind mapping karena selain mampu meningkatkan daya ingat pun menjadi lebih optimal, strategi ini juga dapat diterapkan pada tingkatan kelas manapun. Kata kunci : mind mapping

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:13
Last Modified: 27 Sep 2016 18:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item