ANDIKA PANJI OKTAVIANA, 125010003 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG pada Mata Pelajaran PKN tentang Pancasila Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SMP PASUNDAN 2 BANDUNG dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegitan pembelajaran, kurangnya kerjasama siswa terhadap kewajiban yang diberikan kepadanya serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Selain dari itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya professional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa, menggunakan metode ceramah saja, kurangnya guru dalam mengasah siswa dalam melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap kerjasama dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe STAD. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus atau tindakan, dari setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, atau pengamatan dan refleksi. Sikap kerjasama yaitu pada siklus I 63% dan siklus II 94%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 63% dan pada siklus II 100%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 85% dan siklus II 99%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran PKN tentang Pancasila untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe STAD, Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 13:09 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 13:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12963 |
Actions (login required)
View Item |