PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBERD HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas V/Semester 1 SDN Angkasa 08 Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

ADI SETIAWAN, 125060016 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBERD HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas V/Semester 1 SDN Angkasa 08 Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya anggapan bahwa pembelajaran PKn itu men jenuh kan serta sulit dipahami dalam pelaksanaan pembelajaran dan has il belajar siswa pada pembelajaran PKn materi pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di SDN Angkasa 08 . Kondisi ini disebakan oleh guru tidak menggunakan model - model yang direkomendasikan dalam pembelajaran. Cara yang ditempuh untuk memperb aiki kondisi ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran variatif Problem Based Learning tipe Numberd Heads Together karena dengan model ini siswa belajar berdasarkan masalah yang terjadi di dalam kehidupan nyata. Subjek penelitian ini adalah siswa kel as V B sebanyak 22 orang yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki - laki. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan terdiri atas empat tahap tindakan. Pengumpulan data dilakukan d engan kegiatan observasi dan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest . Dari pelaksanaan dan pengolahan data motivasi belajar dan tes hasil belajar yang dilakukan pada 22 orang mengalami peningkatan yang signifikan bagi siswa pada siklus 1 m otivasi belajar memperoleh nilai akhir 2,56 dengan presentase ketuntasan 64% . Selanjutnya dilaksanakan siklus 2 dengan memperoleh nilai akhir 3,47 dengan presentase ketuntasan 86.67% . sementara dari tes hasil belajar yang dilakukan terhadap 22 orang siswa pada siklus 1 ketuntasan KKM sebanyak 54,55% atau sebanyak 12 orang. Selanjutnya dilaksanakan siklus 2 dan memperoleh hasil siswa yang tuntas KKM sebanyak 86,3 6 % atau sebanyak 19 orang. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran PKN dengan menggunakan model v ariatif Problem Based Learning tipe Numberd Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VB SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning tipe Numberd Heads Together , motivasi dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:52
Last Modified: 26 Sep 2016 18:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item