Arti Ratiningsih, 125060325 (2016) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Penelitiantin dakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Cibabat Mandiri 4 Kota Cimahi dengan subjek penelitiannya adalah kelas III yang berjumlah 34 siswa dan terdiri dari 15 sisw alaki-lak idan 19 siswi perempuan . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi yang dilakukan, dari siklus I kesiklus II, kenaikan tingkat percaya diri siswa sebesar 29%, sedangkan pada hasil belajar sebesar 15%. Pada siklus II keduanya telah mencapai target yaitu 90% siswa memiliki rasa percaya diri tinggi dan hasil belajar mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi kenampakan permukaan bumi dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Student facilitator and explaining, percayadiri, hasilbelajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 19:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 19:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12858 |
Actions (login required)
View Item |