PUJI FAUZIAH, 125060035 (2016) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SOBRY (SAMPAIKAN, ORGANISASIKAN, BERTANYA, RAYAKAN DAN YAKINKAN)(Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SDN Tarajusari Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung Tentang Materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V di SDN Tarajusari Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung.dengan.menggunakan.model.SOBRY(Sampaikan,Organisasikan,Bert anya,rayakan dan Yakinkan). Hal tersebut didasari oleh kurangnya keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan selama 2 Siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non-tes untuk mengetahui keaktifan siswa dan aktivitas kinerja guru/peneliti. Hasil penelitian menunjukkan.bahwa.penggunaan.model.SOBRY(Sampaikan,Organisasikan,Be rtanya,Rayakan dan Yakinkan)dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia Hal tersebut dapat dilihat dari adanya presentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II bahwa, pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 14 peserta didik dari 27 peserta didik atau 51%, sedangkan pada siklus II yaitu 25 peserta didik dari 27 peserta didik atau 92 %. Oleh karena itu, penggunaan model SOBRY (Sampaikan,Organisasikan,Bertanya,Rayakan dan Yakinkan) sangat efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal.ini.disebabkan.dalam.model.pembelajaran.SOBRY(Sampaikan,Organisasik an,Bertanya,Rayakan dan Yakinkan) siswa lebih aktif dalam pembelajaran, Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa model SOBRY dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Keaktifan dan hasil belajar,model SOBRY
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 19:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 19:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12848 |
Actions (login required)
View Item |