PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibiru 1 Bandung)

INTANIA RIZKY UTAMI, 125060328 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibiru 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Abstrak Bahasa inggris .pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

JudulpenelitianiniadalahpenggunaanmodelpembelajaranProblem BasedLearninguntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapada materikeragamansukubangsadanbudaya.Rumusanmasalahdalam penelitianiniyaituapakahpenggunaanmodelpembelajaranProblem BasedLearningdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapada materikeragamansukubangsadanbudayadikelasIVSDNCibiru1 Bandung.Adapuntujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan penggunaan modelpembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasidanhasilbelajardikelasIVSDNCibiru1Bandung.Metode penelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)atau Classroom ActionResearch.Penelitiantindakankelasinidilaksanakan sebanyak dua siklus.Hasilyang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalamipeningkatanbaikmotivasibelajarmaupunhasilbelajaryang diperoleh.PadasiklusImotivasibelajarsiswasebesar65,62%%,danhasil belajarsiswasebesar49,17%PadasiklusIImotivasibelajarsiswasebesar 86,71%,danhasilbelajarsiswasebesar86,59%denganperolehanrata-rata siswasebesar80.Darihasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwa penggunaan modelpembelajaran Problem Based Learning sangat menunjangterhadappeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswapada pembelajaranIPSmateriKeragamanSukuBangsadanBudaya.Dalam melaksanakanpembelajarandenganmenggunakanmodelProblemBased Learninghendaknyagurumemahamidanmelaksanakanperencanaan secaralebihrincidansemaksimalmungkinagarkegiatanpembelajaran mencapaitujuanyangdiharapkan. Katakunci :ProblemBasedLearning,motivasidanhasilbelajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:49
Last Modified: 26 Sep 2016 13:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item