PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MENULIS PENGUMUMAN SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibabat Mandiri 4 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016)

ASTI ARISTA, 1 25060198 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MENULIS PENGUMUMAN SISWA KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Cibabat Mandiri 4 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berj udul “ Penerapan P endekatan C ontextual T eaching and L earning (CTL) untuk M eningkatkan H asil B elajar dan K eaktifan B elajar M enulis P engumuman pada S iswa K elas IV SD. Dalam prakt i k pembelajaran b ahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4 Cimahi Kecamatan Cimahi Utara, kemampuan siswa dalam mater i menulis pengumuman belum sesuai dengan apa yang diinginkan . M asalah tersebut karena siswa kurang termotivasi untuk belajar, sehingga siswa tidak menguasai pelajaran secara optimal. Di samping itu, model pembelajaran yang dikemban gkan masih belum mampu me ng ondisikan kemampuan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) . Penelitian ini juga memberikan deskripsi yang jelas bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkat kan proses pembelajaran bahasa I ndonesia , indokator tentang menulis pengumuman. Penelitian ini dapat digunakan sebagai satu pertimbangan ba gi guru yang ingin me ng ubah atau meningkatkan kualitas proses pembela jaran bahasa indonesia dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning . Metode p enelitian yang digunakan adalah Penelitian Tind akan Kelas (PTK), dan instrumen yang digunakan adalah tes ( pretes dan postes), L embar K erja S iswa, lembar wawancara , dan lembar observ asi. Berdasarkan pengamatan da n analisis data yang ada, dapat dilihat adanya peningkatan terhadap materi menulis pengumuman melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4 Cimahi Kecama tan Cimahi Utara Kota Cimahi. S impulan dari penelitian yang telah dilakukan penulis di SD Negeri Cibabat Mandiri 4 mengenai penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa menulis pengumuman pada s iswa kela IV SD, maka ditarik simpulan sebaga i berikut: Pembelajaran bahasa I ndonesia tentang menulis pengumuman dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Lea rning dapat meningkat kan proses pembelajaran bahasa I ndonesia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata - rata perolehan skor dari siklus 1 menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 36% dari 39 siswa terendah rata - rata 62. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa siswa yang tuntas yaitu sebanyak 33 siswa atau 85% dengan nilai rata - rata 86. Kata Kunci : Con textual Teaching and Learning, h asil belajar, k eaktifan b elajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 20:39
Last Modified: 24 Sep 2016 20:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12747

Actions (login required)

View Item View Item