FENOMENA HASHTAG OOTD DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI AJANG LIFE STYLE Studi Fenomenologi Mahasiswa UNPAS Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2011

NOVY WULANDARI, 112050049 (2016) FENOMENA HASHTAG OOTD DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI AJANG LIFE STYLE Studi Fenomenologi Mahasiswa UNPAS Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2011. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
COVER WARNA.docx

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fenomena Hashtag OOTD Dalam Media Sosial Instagram Sebagai Ajang Life Style”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hashtag OOTD menjadi ajang life style mahasiswa UNPAS Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2011. Media sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubungan dengan teman-teman untuk berbagi infomasi dan berkomunikasi. Salah satunya adalah media sosial Instagram, dimana para penggunanya dapat mengupload foto dengan memakai hashtag OOTD yang dapat berinteraksi dan menjadikannya sebuah fenomena. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara mendalam dengan 10 informan, interpretasi dan Focus Group Discussion (FGD). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan simpulan dari sebuah teks. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa hashtag OOTD dalam media sosial Instagram menjadi kebutuhan dalam keseharian mahasiswa UNPAS Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2011, seperti dalam hal kreativitas, ide, minat dan menjadikan sebuah aktifitas, kebutuhan informasi, acuan fashion dalam sehari-harinya, serta hashtag OOTD membentuk life style penggunanya melalui akun pengguna lain yang dianggap tolak ukur untuk diikuti, hingga akhirnya menjadi ketergantungan. Perilaku pengguna hashtag OOTD mahasiswa UNPAS Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2011 memiliki kebiasaan kurang baik, seperti hanya untuk mengikuti trend saja, lupa akan waktu atau asyik sendiri di tengah-tenga lingkungannya. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai bahan masukan ialah hendaknya dalam menggunakan hashtag OOTD dalam kehidupan sehari-hari tidak memaksakan diri dan pergunakanlah waktu sebaik mungkin dengan hal positif yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan akan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 24 Sep 2016 15:46
Last Modified: 24 Sep 2016 15:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item