PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN GLOSSARY PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI SMA NEGERI 1 MAJALENGKA

ULFAH NURULFITRI BADRIARTI, 125040109 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN GLOSSARY PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI SMA NEGERI 1 MAJALENGKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi yang disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang tidak bervariasi dan tidak menarik. Maka dari itu, diperlukan kreativitas seorang guru untuk membuat dan menggunakan bahan ajar yang inovatif, kreatif, dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penggunaan glossary sebagai inovasi bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Experimental dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Majalengka tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitian kelas XI MIPA-3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA-4 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 47.429 dan 82.571 sedangkan rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 44.412 dan 77.206 dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan hasil thitung > ttabel yaitu 5.058 ≥ 1.998 yang termasuk dalam kategori signifikan sehingga Ha pada uji hipotesis diterima dan didefinisikan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta hasil N-Gain kelas eksperimen yaitu 0.71 termasuk kategori tinggi dan 0.596 untuk kelas kontrol termasuk kategori sedang. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan glossary sebagai bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Glossary sebagai Bahan Ajar, Hasil Belajar, Konsep Sistem Pertahanan Tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:41
Last Modified: 22 Sep 2016 18:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item