PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA KONSEP VIRUS

ELLA OKTAPIA DWI PUTRI, 125040128 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya penguasaan siswa pada materi virus. Nilai rata-rata pelajaran Biologi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan minat belajar siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada konsep virus. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Pasundan Rancaekek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga didapatkan kelas X-2. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-posttest Designs. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan materi berupa 20 soal pilihan ganda. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest 33,81 dan rata-rata posttest sebesar 78,10. Analisis data menggunakan uji gain diperoleh nilai 0,66 dengan kriteria sedang. Hasil penghitungan respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 4,00 dengan kriteria baik terhadap model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) pada konsep virus. Hasil Aktivitas Siswa yaitu 85,33 dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas guru yaitu 96 dengan kriteria sangat baik, dan penilaian RPP yaitu 92,86 dengan kriteria sangat baik. Penelitian dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep virus. Kata Kunci: STAD (Student Teams Achievement Division), hasil belajar, virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:30
Last Modified: 23 Sep 2016 15:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item View Item