WIDYA SYNTIANA, 125040049 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PROTISTA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - 3 FINISH.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II - 4 FINISH.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka 1-2.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media flashcard. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dalam bentuk desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah kelas X SMA PGRI I Bandung. Berdasarkan purposive sampling ditetapkan kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Skor pretest pada kelompok eksperimen sebesar 27,88 dan pada saat posttest sebesar 77,93. Skor pretest pada kelompok kontrol sebesar 23,1 dan pada saat posttest sebesar 55,8. Hasil analisis uji t posttest diperoleh hasil dengan thitung = 9,01 dan ttabel 2,76 dengan taraf signifikan α = 0,01 diperoleh t hitung > t0,01 → 9,01 > 2,76, sehingga H0 ditolak Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol. Hasil penilaian afektif pada kelas eksperimen sebesar 88,8%, pada kelas kontrol sebesar 55,5%. Hasil penilaian psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 93,7%, pada kelas kontrol 62,5%. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan menggunakan media pembelajaran Flashcard di SMA di bandingkan dengan peningkatan hasil belajar pada kelompok kontrol. Kata Kunci : Media Flashcard, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 18:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 18:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12438 |
Actions (login required)
View Item |