PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN ISI PUISI DENGAN REALITAS SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA PGII 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RANU FEBRIANTO, 125030006 (2016) PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN ISI PUISI DENGAN REALITAS SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA PGII 2 BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER RANU.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa untuk menghasilkan informasi. Teknik creative problem solving merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. berkaitan dengan pen-jelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Meng-hubungkan Isi Puisi dengan Realis Sosial Budaya dengan Menggunakan Metode Creative Problem Solving pada Siswa Kelas X1 SMA PGII 2 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan isi puisi deng-an realitas sosial budaya dengan menggunakan metode creative problem solving pada siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung? (2) mampukah siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung menghubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya dengan meng-gunakan metode creative problem solving? (3) efektifkah metode creative problem solving yang diterapkan dalam pembelajaran menghubungkan isi puisi dengan rea-litas sosial budaya pada siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, me-laksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya dengan menggunakan metode creative problem solving pada siswa Kelas X SMA PGII 2 Bandung; (2) siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung mampu menghubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya dengan metode creative problem solving; (3) metode creative problem solving efektif diterapkan dalam pembelajaran menghubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya pada siswa Kelas X SMA PGII 2 Bandung. Motode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasy Experimental Design jenis pretest-posttest control group design. Adapun simpulannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran meng-hubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya dengan menggunakan model creative problem solving pada siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2015/2016. Hasil rata-rata nilai perecanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar, 3,61. 2. Siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2015/2016 mampu meng-hubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya dengan menggunakan metode creative problem solving 37,0 dan nilai rata-rata pascates 62,0 sedangkan selisih prates dan pascates yaitu sebesar 24,0. 3. Metode creative problem solving efektif digunakan dalam pembelajaran meng-hubungkan isi puisi dengan realitas sosial budaya pada siswa kelas X SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statis-tik manual dengan hasil diperoleh thitung > ttabel atau 9,6 > 2,04 untuk taraf signi-fikan 0,05 (taraf kepercayaan 95%) dengan d.b = 29. Kata kunci: Pembelajaran, Menghubungkan Isi Puisi Dengan Realitas Sosial Bu-daya, Creative Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:55
Last Modified: 22 Sep 2016 14:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

View Item View Item