PERSEPSI MASYARAKAT PURWAKARTA PADA PEMBAKARAN PATUNG ARJUNA DI SITU WANAYASA Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Pembakaran Patung Arjuna Di Situ Wanayasa Purwakarta

Agung Prasetio, 122050056 (2016) PERSEPSI MASYARAKAT PURWAKARTA PADA PEMBAKARAN PATUNG ARJUNA DI SITU WANAYASA Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Pembakaran Patung Arjuna Di Situ Wanayasa Purwakarta. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (114kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Persepsi Masyarakat Purwakarta Pada Pembakaran Patung Arjuna Di Situ Wanayasa. Dikalangan masyarakat tentu hal ini menimbulkan presepsi ataupun pendapat yang berbeda-beda karena munculnya sebuah prespsi dipengaruhi oleh adanya selecting, organizing, interpretating, dan meaning yang berbeda-beda pula satu individu dengan individu lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang presepsi yang muncul dari masyarakat mengenai peristiwa pembakaran patung Arjuna yang berada di obyek wisata Situ Wanayasa. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan cara melakukan wawancara secara mendalam kepada informan atau narasumbe yang berada di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, masyarakat Purwakarta tidak menjadikan keberadaan patung Arjuna ini sebagai obyek penyembahan. Mereka hanya sebatas mengagumi sebuah hasil karya yang bernilai seni tinggi dan menganggap sebagai bentuk pelestarian budaya saja. Saran dari peneliti sebaiknya dalam menyikapi sebuah warisan budaya yang bersangkutan dengan keagamaan tidak harus diselesaikan dengan tindakan yang dapat menimbulkan kegelisahan masyarakat lainnya. Akan tetapi diselesaikan dengan bijaksana dan tidak merugikan pihak-pihak lain.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:35
Last Modified: 22 Sep 2016 14:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item