ULFAH NURZULFA SETIAD, 125030111 (2016) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENGONVERSI TEKS EKSPLANASI KE DALAM BENTUK ESAI PADA SISWA KELAS XI SMK NE GERI 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I REVISIAN III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II REVISI IV.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan - penjelasan tentang proses mengapa dan bagaimana dari suatu topik yang berhubungan dengan fenomena - fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari - hari. Semua fenomena tersebut memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses. Metode Mind Mapping adalah metode pembelajaran yang berfokus pada mengembangkan cara berpikir divergen dan berpikir kreatif. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik unuk melakukan penelitian meng enai pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk puisi dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Apakah penulis mampu menggunakan metode mind mapping dalam melaksanakan pembelajaran mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk esai pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung tahun pelajaran 2015/2016? ; 2) Apakah penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis pada sisw a kelas XI SMK Negeri 11 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 ? ; dan Seberapa efektifkah siswa kelas X I SMK Negeri 11 Bandung mengikut i pembelajaran mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk esai dengan menggunakan metode mind mapping ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan keefektifan Mind Mapping dalam pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk esai pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. H ipote sis yang penulis rumuskan yaitu: 1) p enulis mampu merencana - kan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk esai dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung; 2) s iswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung mampu mengonversi teks eksplanasi ke dalam esai dengan menggunakan metode mind mapping ; dan 3) m etode mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk esai pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung d ibandingkan metode atau model konvesional. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pem - belajaran mengonversi teks eskplanasi ke dalam bentuk esai dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,77 dan pelaksaan sebesar 3,77. 2. Siswa kelas XI SMK Negeri 11 Bandung mampu mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk esai dengan menggunakan metode mind mapping . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretest yaitu 39,16 dan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 13:42 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 13:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12342 |
Actions (login required)
View Item |