PEMBELAJARAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA EDITORIAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT LED REVIEW SESSION PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NENG PUSPITASARI, 125030137 (2016) PEMBELAJARAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA EDITORIAL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STUDENT LED REVIEW SESSION PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK - INDONESIA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan aktifitas alternatif untuk menangkap ide, gagasan, atau pikiran dalam mengekspresikan diri dari pengarang. Bagi sebagian besar orang, membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan, karena apa yang di-baca dapat menambah wawasan yang luas. Oleh karena itu, penulis tertarik me-lakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Membedakan Fakta dan Opini pada Editorial dengan Menggunakan Teknik Student Led Review Session pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi”. Permasalahan penelitian dalam hal ini sebagai berikut. (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahidengan menggunakan teknik student led review session? (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi me-ngikuti pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial dengan meng-gunakan teknik Student led review session? (3) Efektifkah teknik student led review session digunakan dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi? Hipotesis yang penulis rumuskan sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial dengan menggunakan teknik student led review session pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimah. (2) siswa kelas XI mampu membedakan fakta dan opini pada editorial dengan menggunakan teknik student led review session. (3) Teknik student led review session tepat digunakan dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial dengan menggunakan teknik student led review session pada siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh penulis dalam persiapan pembelajaran mendapat nilai 3,57 dengan kategori sangat baik. 2. Siswa kelas XI SMA Pasundan 1 Cimahi mampu membedakan fakta dan opini pada editorial dengan menggunakan teknik student led review session. Hal ini terbukti pada hasil nilai rata-rata pretes sebesar 29,8 dan nilai rata-rata postes 62. Peningkatan sebesar 32,2. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 32,2. 3. Teknik student led review session tepat digunakan dalam pembelajaran membedakan fakta dan opini pada editorial. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 15,17 ttabel 2,06 dengan tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 25. Dengan demikan penulis menyimpulkan pembelajaraan membedakan fakta dan opini pada editorial dengan menggunakan teknik student led review session menunjukkan keberhasilan. Kata kunci : pembelajaran, membedakan fakta dan opini, student led review session

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 21 Sep 2016 18:22
Last Modified: 21 Sep 2016 18:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item