PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CISARANTEN KIDUL PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI

Yolla Mentari, 125060042 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CISARANTEN KIDUL PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover Skripsi.docx

Download (28kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS melalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten kidul Bandung dan Bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dalam pembelajaran IPS malalui metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cisaranten Kidul Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik motivasi maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa sebesar 52%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 48%. Pada siklus II aktivitas dan motivasi siswa sebesar 84%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 82%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Cisaranten Kidul merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2016 13:12
Last Modified: 19 Sep 2016 13:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item