ANALISIS SEMIOTIKA NILAI MORAL PADA FILM “THE BILLIONAIRE” Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Nilai Moral Pada Film “The Billionaire”

Fatmia Yuli Apriyanti, . 102050059 (2016) ANALISIS SEMIOTIKA NILAI MORAL PADA FILM “THE BILLIONAIRE” Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Nilai Moral Pada Film “The Billionaire”. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
cover.docx

Download (179kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (120kB)
[img] Text
Daftar pustaka mia.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Pesan Moral pada Film The Billionaire”. Semiotika adalah suatu teori yang memberikan tanda yang dimana tanda itu memiliki makna dan tanda-tanda tersebut kemudian dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Manusia melalui kemampuan akalnya berupaya berinteraksi dengan menggunakan tanda sebagai alat untuk berbagai tujuan. Salah satu tujuan tersebut adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sebuah film menyampaikan pesan yang bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai penting dan bisa memotivasi dalam dunia bisnis untuk mencapai cita-cita dan tujuan hidup selanjutnya. Dimana perjuangan dan semangat yang kuat bisa mendorong masyarakat untuk melakukan perubahan positif. Hasil dari penelitian ini film The Billionaire memiliki banyak penanda dan petanda yang mengandung makna dan nilai-nilai perjuangan dalam berwirausaha. Dimana film ini memberikan motivasi dalam memperjuangkan tekat dan keinginan menjadi seorang wirausahawan. Sel ain itu The Billionaire juga memberikan contoh tentang bekerja keras dan mau berusaha. Konflik yang terjadi di dalam keluarga yang dapat diselesaikan. Dan juga memberikan contoh membantu kesulitan orang tua. Saran yang ingin diberikan peneliti kepada penonton film, masyarakat harus lebih teliti dalam memilih film yang akan ditonton terutama untuk anak-anak. Film merupakan media yang bisa memberikan informasi secara audio visual, sehingga dalam pembuatan film harus bisa dipertanggung jawabkan akan cerita dan nilai yang terkandung didalamnya. Dengan adanya pemahaman dan arti tanda pada sebuah film. Melalui ilmu semiotika diharapkan kita mampu untuk melihat kejadian sebenarnya yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 15 Sep 2016 13:56
Last Modified: 15 Sep 2016 13:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item