FENOMENA PENGGUNAAN INSTAGRAM OLEH WALIKOTA BANDUNG

FUNGKI IMELDA, 122050275 (2016) FENOMENA PENGGUNAAN INSTAGRAM OLEH WALIKOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan Instagram Oleh Walikota Bandung”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana instagram Walikota Bandung menjadi kebutuhan pengikut akan informasi seputar kota Bandung di kalangan mahasiswa FISIP UNPAS angkatan 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dengan 10 informan, dan interpretasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan simpulan dari sebuah teks. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa makna Walikota Bandung dalam menggunakan instagram bertujuan untuk diri pribadinya sendiri, meningkatkan popularitasnya sebagai Walikota baik di kota Bandung, maupun di mata dunia serta berguna menginformasikan projek apa yang akan, telah, dan terealisasi. Motif penggunaan Instagram Walikota Bandung sebagai alat atau media agar dekat dengan warganya lewat instagram atau disebut juga tetap berhubungan, kebutuhan akan informasi seputar kota Bandung, informasi tentang tempat-tempat baru dan kegiatan-kegiatan yang akan ada di Bandung. Selain itu bukan hanya berbagi foto kegiatan yang berhubungan dengan kinerjanya saja tetapi juga foto pribadinya yang seolah ingin menunjukan eksistensinya atau disebut dengan pencitraan. Perilaku Walikota Bandung dalam menggunakan instagram berusaha untuk mendekatkan diri kepada warganya dengan sikap humoris, ia sering menggunakan keterangan yang sebenarnya bertujuan untuk mengedukasi namun diselingi unsur lelucon yang dapat menghibur para pengikutnya, dengan gaya hidup kekinian, eksistensi diri, dan kepuasan pribadi akan foto yang diupload disertai keterangan menjadikan citra dirinya positif di masyarakat khususnya warga Bandung. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai bahan masukan ialah hendaknya menjadi acuan, contoh dan kebutuhan informasi untuk hal yang positif. Bagi kehidupan sehari-hari dan bagi lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Sep 2016 17:18
Last Modified: 14 Sep 2016 17:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item