Deiana Iklima, 125060166 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA D ALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumuruh 8 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak jadi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Peneliian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam materi masalah - masalah sosial di lingkungan setempat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Gumuruh 8 Jl. Taurus No. 60 Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat , yang kurang pemahaman, kreativitas dan ide - ide penyampaiannya masih rendah, dan kurang aktif dalam pembelajaran dikarenakan guru kurang bervariasi misalnya menggunakan metode c eramah saja yang dapat menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dan pasif, sedangkan dengan model - model pembelajaran yang lain khususnya model Contextual Teaching and Learning (CTL) belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode peniitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Pen elitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Da lam tiga siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan postest untuk mengetahui h asil belajar siswa dan non tes untuk menget ah ui sikap siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari presen tase peningkatan hasil belajar siswa, mulai dari skor rata - rata pretest pada siklus I yakni 59,07 dan postest 64,66. Pada siklus II menjadi pretest 76,00 dan posttest 80,00, terjadi peningkatan pada skor rata - rata pretest sebesar 16,96 (16,9 6 %) dan pada posttest sebesar 15,34 (15,34%). Dengan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam masalah sosial. Dengan demikian penggunaan model C ontextual Te aching and Learning (CTL) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran karena dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 14:05 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 13:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11583 |
Actions (login required)
View Item |