DWI INDAH FEBRIYA, 125030142 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI GALLERY OF LEARNING PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 1 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover skripsi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAAK -.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses memperoleh informasi . Strategi gallery of learning merupakan bagian dari Active Learning, strategi pembelajaran ini merupakan strategi yang menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini. penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Strategi Gallery of Learning pada Siswa Kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 20 15 /20 16 . Rumusan masalah yan g penulis ajukan adalah 1) M ampukah penulis meren - canakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerita pendek dengan menggunakan strategi gallery of learning pada siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung ? 2) M ampukah siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung memproduksi teks cerita pendek dengan menggunakan strategi gallery of learning ? dan 3) E fektifkah strategi gallery of learning digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada siswa kelas XI MA Negeri 1 Ko ta Bandung ? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1 ) Penulis mampu merencanakan, me - laksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks cerita pendek dengan menggunakan strategi gallery of learning pada siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung tahun pelajaran 2015/2016; 2) Siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung tahun pelajaran 2015/2016 mampu memproduksi teks cerita pendek dengan kriteria kerangka cerita, unsur intrinsik, ciri kebahasaan, judul, dan kaidah penulisan cerpen ; dan 3) Strateg i gallery of learning tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre - Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest de ngan teknik penelitian telaah studi pustaka, ob - servasi dan wawancara, uji coba, tes, dan analisis. Adapun simpulannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi cerpen dengan menggunakan strategi gallery of learning pada siswa XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung . Hasil rata - rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8 0 . 2) Siswa kelas XI IIK B MA Negeri 1 Kota Bandung mampu memproduksi teks cerpen dengan menggunakan strategi gallery of learning. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata - rata pretes sebesar 1.82 dan nilai rata - rata postes sebesar 3.35 , sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 1.53 . 3) Strategi Galleri of Learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks cerpen . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjukkan t hitung > t tabel, yaitu 21,87 ≥ 2,07 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 28 . Hal ini membuktikan bahwa startegi gallery of learning efektif digunakan dalam pe mbelajaran memproduksi teks cerpen . Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang pe - nulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Me mproduksi , Cerpen , Strategi , Gallery of Learning ,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 13:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 13:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11576 |
Actions (login required)
View Item |