PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA” (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Ekonomi Mikro dan Makro Kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung)

HADIYAN, 125020023 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA” (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Ekonomi Mikro dan Makro Kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Indonesia).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Inggris).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan ekonomi mikro dan makro kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung . Dilatar belakangi dengan belajar secara berkelompok memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talki ng Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan ekonomi mikro dan makro, situs penelitian di kelas X SMA Pasundan 7 Bandung tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang dipergunakan metode survei ti ngkat eksplanasi asosiatif kausal . Teknik pengu mpulan data dengan cara ob servasi , angket, dokumentasi dan studi pustaka ,. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung semester 2 yang berjumlah 50 siswa . H ipot esis dalam penelitian ini berbunyi, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick t erhadap hasil belajar siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan ekonomi mikro dan makro kelas X SMA Pasundan 7 Bandung T eknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier s ederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows Hasil pengolahan data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa senilai 0,564 dalam derajat kepercayaan 56,4 % dan korelasi antara variabel dependen t ( X ) da n variable independent (Y) sebesar 0,751 itu berarti kore lasi tersebut kuat, arti H 1 dapat diterima dan H 0 ditolak . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penera pan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa studi kasus pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan ekonomi mikro dan makro kelas X SMA Pasundan 7 Bandung, hal ini dibuktikan dengan R S quare sebesar 0,564 yang berarti pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe talking stic k 56,4 % selebihnya dipen garuhi oleh faktor lain di dalam maupun di luar diri siswa dan lingkungan belajarnya . Sebagai akhir penelitian penuli s menyampaikan saran kepada sekolah agar meyediakan sarana dan prasarana yang baik, kepada gur u ekonomi agar menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta dapat menciptakan suasana belajar yang baik, kepada siswa hendaknya berusaha menumbuhkan kemampuannya dalam ker ja sama, tanggung jawab serta aktif dalam kegiatan belajar mengajar, kepada peneliti selanjutnya d iharapkan dapat dapat menge mbangkan hasil penelitian ini dalam lingkup yang lebih luas . Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stic k , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2016 15:24
Last Modified: 05 Sep 2016 15:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11426

Actions (login required)

View Item View Item