PENGARUH IMPLEMENTASISISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH (SIKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKUNTABILITAS PUBLIK (Survey padaDinas-DinasKab. Bandung)

Ade Irmawati, 124020359 (2016) PENGARUH IMPLEMENTASISISTEM INFORMASI KEUANGAN DAERAH (SIKD) DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP AKUNTABILITAS PUBLIK (Survey padaDinas-DinasKab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img] Text
1.cover dan lembar pengesahan pernyataan.docx

Download (49kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. BAB I.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi Sistem informasi Keuangan Daerah(SIKD) dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) terhadap kualitas laporan keuangan dan dampaknya terhadap akuntabilitas publik pada Dinas-dinas Kabupaten Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode proporsional sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path), korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 144 orang, sampel penelitian yang digunakan adalah 74 orang dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial implementasi Sistem informasi Keuangan Daerah dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Dimana besarnya pengaruh Sistem informasi Keuangan Daerah sebesar 29,9%, dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah sebesar 48,2% terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan implementasi Sistem informasi Keuangan Daerah dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahberpengaruh terhadap kualitas laporan keuangansebesar 49,6%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 50,4% merupakan pengaruh faktor lain di luar keduavariabel independen yang sedang diteliti, seperti good corporate governance. Hasil penelitian juga menunjukan pengaruh kualitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas publik sebesar 46,9%, sedangkan hasil analisi jalur menunjukan pengaruh implementasi Sistem informasi Keuangan Daerah terhadap akuntabilitas publik melalui kualitas laporan keuangan sebesar 20,5%, dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas publik melalui kualitas laporan keuangan sebesar 33,0% sedangkan sisanya yaitu sebesar 67,0% merupakan pengaruh faktor lain di luar model penelitian ini. Kata Kunci: Sistem informasi Keuangan Daerah, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, kualitas laporan keuangan dan akuntabilitas publik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:52
Last Modified: 05 Sep 2016 14:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item