MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

RIAN GUSTIAROS SURYAMAN, NPM. 138060070 (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I & II.docx

Download (89kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan hal yang penting bagi peserta didik dan perlu ditingkatkan melalui proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan kompetensi guru dalam memilih model pembelajaran yang dapat mengantarkan peserta didik memahami konsep matematiknya. Salah satu model tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL). Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan Kemampuan Awal Matematik (KAM) (tinggi, sedang, rendah); korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dan pemecahan masalah matematik peserta didik; sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Langkaplancar Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan untuk kelas kontrol yaitu kelas VII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif matematik, kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket skala sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan Kemampuan Awal Matematik (KAM) (tinggi, sedang, rendah); 2) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dan pemecahan masalah matematik peserta didik; 3) Sikap peserta didik positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap Peserta Didik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Sep 2016 14:39
Last Modified: 05 Sep 2016 14:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item