PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GENRE BASED WRITING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 25 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARY RILSON, 125030026 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GENRE BASED WRITING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 25 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrac.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memproduksi berkaitan dengan keterampilaan menulis. Salah satunya yaitu menulis teks Eksposisi dengan menggunakan model genre based writing, yang menekankan pada konsep kerja sama dan perencanaan karangan terhadap sebuah tulisan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan model genre based writing pada siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan model genre based writing pada siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks eksposisi secara tepat? dan (3) Efektifkah model genre based writing digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 25 Bandung?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan model genre based writing pada siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung; (2) siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung mampu memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan model genre based writing; dan (3) model genre based writing efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandung. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mem-produksi teks eksposisi dengan menggunakan model genre based writing pada siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandung mampu memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan model Genre Based Writing. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 48,8 dan nilai rata-rata postes sebesar 76,4. Peningkatannya sebesar 27,6. c. Model genre based writing efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 16,9 , ttabel sebesar 2,05 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 24. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Memproduksi teks eksposisi, dan Model Genre Based Writing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Sep 2016 13:11
Last Modified: 05 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item