LITA SEPTYAWAT, 125050016 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (139kB) |
|
Text
ABSTRAK english.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
Abstract
Salah satu pelajaran yang wajib termuat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah yaitu matematika . K emampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika dan harus dimiliki oleh peserta didik . Namun kemampuan pemecahan masalah mate matis siswa ternyata masih rendah . Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Anchored Instruction . Penelitian ini bertujuan untuk (1) M engetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Ekspositor; (2) M engeta hui sikap siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui model Anchored Instruction; (3) U ntuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan sikap siswa. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2015 - 2016 . Adapun sampel penelitiannya adalah sis wa kelas VII sebanyak dua kelas yang d ipil i h secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert . Skala sikap berisikan pernyataan - pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaran Anchored Instruction , dan pemecahan masalah matematis . Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas distribusi, uji homogenitas dua varians, dan uji kesamaan dua rerata. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Anchored Instruction lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Ekspositori ; (2) S iswa bersikap positif terhadap penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction dalam pembelajaran matematika ; (3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap siswa pada kelas eksperimen . Oleh karena itu model pembelaj aran Anchored Instruction dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci : Pemecahan Masalah Matematis , Model Pembelajaran Anchored Instruction
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10428 |
Actions (login required)
View Item |