IRSAN ACHMAD WIGUNA, 125060202 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas dikelas V SDN Cimincrang pada materi tokoh-tokoh yang berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Tahun 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (66kB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB IIb proses .pdf Download (441kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA IRSAN.pdf Download (96kB) |
Abstract
Keberhasilan suatu pendidikan dapat terlihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model mengajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu model mengajar yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data tentang: 1) Bagaimana penyusunan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh yang berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan kelas V SDN Cimincrang dengan penerapan model problem based learning, 2) Bagaimana pelaksaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh yang berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan kelas V SDN Cimincrang dengan penerapan model problem based learning, dan 3) Tepatkah penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS materi tokoh-tokoh yang berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cimincrang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tokoh-tokoh yang berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan. Karena melihat dari rata-rata siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I hasil belajar siswa 57,14% dan siklus II 82,14 %. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:09 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10374 |
Actions (login required)
View Item |