PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Mixed Method Pada Siswa SMPIT Kelas VII di Garut)

Nurdin Muhamad, NPM. 128612013 (2014) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Mixed Method Pada Siswa SMPIT Kelas VII di Garut). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan strategi embedded conkuren karena strategi ini menerapkan tahapan pengumpulan data dari data kuantitatif diikuti dengan data kualitatif dalam satu waktu. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa SMPIT Wasilah Intelegensia Garut dengan menggunakan metode discovery learning. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya nilai rata – rara siswa, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan representasi matematis dan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris yang tertuang dalam rumusan masalah diantaranya: 1) apakah metode discovery learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa 2) apakah kemampuan serta peningkatan kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode discovery learning lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional 3) bagaimana korelasi antara kemampuan representasi matematis dengan percaya diri. Subjek untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan representasi matematis, skala sikap berdasarkan skala Likert, skala aktivitas siswa dan pedoman wawancara. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) metode discovery learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa 2) kemampuan serta peningkatan kemampuan representasi matematis dan percaya diri siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional 3) terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dengan percaya diri dengan kaategori tinggi Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Sep 2016 14:39
Last Modified: 03 Sep 2016 14:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item View Item