KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS 4 KOTA TERNATE.

YANI AWAL, NPM. 108612025 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS 4 KOTA TERNATE. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
iv. Abstrak INA.docx

Download (15kB)
[img] Text
iv. Abstrakku Ingris.doc

Download (31kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA,.docx

Download (21kB)
[img] Text
1 BAB I Revisi Tesis pa bana.docx

Download (29kB)
[img] Text
2 BAB II.docx

Download (47kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika merupakan hal penting bagi siswa dan perlu ditingkatkan, melalui proses pembelajaran. Mencapai kemampuan dimaksud diperlukan kompetensi guru dalam memilih metode pembelajaran yang dapat mengantarkan siswa memahami konsep matematisnya. Salah satu pendekatan yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pendekatan kontekstual. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menelaah keefektifan peningkatan pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan ini dijabarkan pada kajian yang membandingkan antara pembelajaran CTL dengan pembelajaran konvensional, dan tanggapan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika kontekstual. Digunakan metode m444ixed dengan desain penelitian kontrol pretest-postest. Menjadikan 62 siswa kelas IV SD di Kota Ternate sebagai subyek penelitian, diperoleh data melalui instrument tes yaitu 15 soal PG, dan 5 soal uraian, serta pemberian angket sikap siswa. Menggunakan software anates versi 4.0 menunjukkan instrument tes adalah valid dan reliabel, memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Hasil uji dengan ANOVA two way menggunakan SPSS versi 17 menunjukkan data berdistribusi normalitas dan homogen pada tingkat signifikansi alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa secara signifikan dan lebih baik, dibandingkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. ditinjau dari kemampuan awal siswa. Analisis data angket memperlihatkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan CTL sebagian besar bersikap positif terhadap pelajaran matematika. Dengan demikian penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran matematika dan dapat diterapkan di Sekolah Dasar karena dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pembelajaran dengan pendekatan CTL juga dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kualitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, dan Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 03 Sep 2016 13:03
Last Modified: 03 Sep 2016 13:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item