PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS NEGOSIASI BERFOKUS PADA PENGGUNAAN KAIDAH STRUKTUR KALIMAT EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MAYANG AYUNINGTYAS, 125030110 (2016) PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS NEGOSIASI BERFOKUS PADA PENGGUNAAN KAIDAH STRUKTUR KALIMAT EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI 2.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

iv ABSTRAK Semua siswa tentu memiliki potensi untuk menyunting sebuah tulisan, termasuk menyunting teks negosiasi berfokus pada penggunaan kaidah struktur kalimat efektif dengan menggunakan metode discovery learning . Pembelajaran ini dapat mengembangkan cara berpikir siswa menjadi lebih kritis dalam membaca sebuah tuisan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada penggunaan kaidah struktur kalimat efektif dengan me nggunakan metode discovery learning pada siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Soreang. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada kaidah struktur kalimat efektif dengan menggunakan met ode discovery learning bagi siswa kelas X SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2015/2016; (2) Siswa kelas X SMAN 1 Soreang mampu mengikuti pembelajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada kaidah struktur kalimat efektif dengan menggunakan metode discovery learning ; (3) Metode discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada kaidah struktur kalimat efektif bagi siswa kelas X SMAN 1 Soreang . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Quasi Expe - rimental Design dengan teknik penelitian telaah pustaka, teknik tes dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada penggunaan kaidah struktur kalimat efektif dengan m enggunakan metode discovery learning . Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pela ksanaan pembelajaran sebesar 3,9 5. Kemampuan penulis termasuk ke dalam kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Soreang mampu menyunting teks negosiasi berfokus pada penggunaan kaidah struktur kalimat efektif dengan menggunakan metode discovery learning . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pretest yaitu 39,16 , sedangkan nilai rata - rata posttest 80, 4 1 . Jadi, selisih nilai rata - r ata pretes t dan posttest yaitu 41,25 . 3. M etode discovery learning efektif digunakan dalam pembe lajaran menyunting teks negosiasi berfokus pada penggunaan kaidah struktur kalimat efektif pada siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Soreang . Hal ini terbukti dari hasil pe rhitungan statistik dan perhitungan taraf signifika n si perbedaan dua mean antara nilai pretest dengan nilai posttest , diketahui t hitung 19,92 > t tabel 2.04 . Kata Kunci : D iscovery learning , menyunting, p embelajaran, teks negosiasi ,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:04
Last Modified: 03 Sep 2016 15:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item