WULAN PURNAMASARI, 125050013 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Wulan Purnamasari (2016). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP” Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematik terutam a kemampuan pemahaman matematik. Dalam hal ini, kemampuan pemahaman matematik pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan adanya pe rubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk m enget ahui apakah kemampuan pemahaman matematik siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran b iasa . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif ( m etode Eksperimen ) . P opulasi dalam penelitian ini a dalah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas V II SMP Pasundan 4 Bandung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB s ebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol yang di ambil secara acak . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematik yang berbentuk uraian sebanyak 7 soal , serta skala sikap . Data dianalisis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic 23.0 for W indows . Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Kemampuan pemahaman matematik siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran b iasa , (2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw . Kata Kunci: Kemampuan pemahaman matematik , model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 15:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 15:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10139 |
Actions (login required)
View Item |