PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN WINDUSARI KAB. KUNINGAN

DINY NOVIANTI, 115060318 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN WINDUSARI KAB. KUNINGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.docx

Download (108kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
pernyataan 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (15kB)
[img] Text
katapengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
bab 1 diny.docx

Download (30kB)
[img] Text
bab 2 diny.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB 3 diny.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB 4 diny.docx
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB 5 diny.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
daftarpustaka.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi organ tubuh manusia dan hewan, di kelas V SDN Windusari dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Hal ini didasari karena adanya berbagai temuan masalah di sekolah, dimana siswa tidak ikut aktif saat pembelajaran, pembelajaran yang masih konvensional, penggunaan media pembelajaran yang tidak maksimal yang mengakibatkan aktifitas dan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Dalam penelitian ini membahas bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, bagaimana pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri, serta mengetahui gambaran peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelititian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus dimana didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan dan observasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evalusi pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes, dimana teknis tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru (peneliti) pada proses pembelajaran. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan antara lain RPP, lembar tes, lembar LKS, lembar observasi aktifitas guru, lembar aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, siklus I baru 64,51% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 61,61. Pada siklus II 93.54% siswa yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai 70,48. Hal ini disebabkan karena penggunaan model Pembelajaran Inkuiri ini, membawa siswa kedalam suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Inkuiri, peningkatan Aktifitas dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 19:16
Last Modified: 15 Aug 2016 19:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9296

Actions (login required)

View Item View Item