PENGGUNAAN METODA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI.

LISNUR YULIANI, 075060048 (2016) PENGGUNAAN METODA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
(1)) COVER.docx

Download (25kB)
[img] Text
(3) Lembar Persetujuan.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
(4) Moto.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
(6) Abstrak Jadi.rtf

Download (77kB)
[img] Text
(8) Daftar Isi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
(5) Daftar Riwayat Hidup.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara guru menyampaikan materi pelajarannya. Jika diamati secara seksama, teknik pembelajaran yang berkembang di sekolah-sekolah saat ini adalah teknik pembelajaran konvesional. Pada teknik pembelajaran konvensional, guru berperan sebagai pusat penyampai materi. Pada teknik pembelajaran ini guru yang peran aktif, sedangkan siswa hanya menerima apa-apa yang disampaikan guru. Kurangnya variasi model dalam pembelajaran IPS dapat mengakibatkan buruknya hasil pembelajaran siswa, hal ini terjadi hampir merata di semua SD. Seperti yang terjadi di SDN Cisalak Cangkuang Kabupaten Bandung, hal ini terlihat jelas rata-rata kemampuan preatasi belajar siswa kelas IV yang hanya mampu mencapai 1,9 dengan katagori kurang. Model Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Model Contextual Teaching And Learning (CTL) ini dapat menumbuhkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), sehingga nantinya penelitian ini dapat memperlihatkan perubahan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Pemanfaatan Siklus. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cangkuang Kabupaten Bandung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda dan Uraian. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami kenaikan setelah pembelajaran menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL, adapun peningkatan rata-rata mencapai nilai 2,83 dengan predikat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 15:15
Last Modified: 15 Aug 2016 15:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item