LISNUR YULIANI, 075060048 (2016) PENGGUNAAN METODA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KOPERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
(1)) COVER.docx Download (25kB) |
|
Text
(3) Lembar Persetujuan.rtf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
(4) Moto.rtf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
(6) Abstrak Jadi.rtf Download (77kB) |
|
Text
(8) Daftar Isi.rtf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
(5) Daftar Riwayat Hidup.rtf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara guru menyampaikan materi pelajarannya. Jika diamati secara seksama, teknik pembelajaran yang berkembang di sekolah-sekolah saat ini adalah teknik pembelajaran konvesional. Pada teknik pembelajaran konvensional, guru berperan sebagai pusat penyampai materi. Pada teknik pembelajaran ini guru yang peran aktif, sedangkan siswa hanya menerima apa-apa yang disampaikan guru. Kurangnya variasi model dalam pembelajaran IPS dapat mengakibatkan buruknya hasil pembelajaran siswa, hal ini terjadi hampir merata di semua SD. Seperti yang terjadi di SDN Cisalak Cangkuang Kabupaten Bandung, hal ini terlihat jelas rata-rata kemampuan preatasi belajar siswa kelas IV yang hanya mampu mencapai 1,9 dengan katagori kurang. Model Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Model Contextual Teaching And Learning (CTL) ini dapat menumbuhkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), sehingga nantinya penelitian ini dapat memperlihatkan perubahan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Pemanfaatan Siklus. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Cangkuang Kabupaten Bandung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda dan Uraian. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami kenaikan setelah pembelajaran menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL, adapun peningkatan rata-rata mencapai nilai 2,83 dengan predikat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 15:15 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 15:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9065 |
Actions (login required)
View Item |