RENI HAERANI, 115060147 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL MAKNA PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH YANG BERSKALA NASIONAL DARI MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.docx Download (58kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (67kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Margahayu 4 pada mata pelajaran IPS tentang materi mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa hindu-budha dan islam di indonesia dengan tujuan meningkatkan disiplin dan hasil belajar siswa kelas 5 dengan model pembelajaran discovery learning. Metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yang meliputi beberapa tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan disiplin siswa, hal ini terlihat dari rata-rata presentase sikap disiplin siswa pada setiap siklusnya yang selalu mengalami peningkatan dari siklus I 85%, siklus II 89% dan siklus III yang mencapai perolehan presentase sebesar 98%. Disamping itu nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model discovery learning yaitu pada saat pretest mencapai 37,41. Setelah penggunaan model pembelajaran discovery learning hasil belajar siswa selalu menunjukkan peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 54,44, kemudian pada siklus ke II meningkat dengan nilai rata-rata 62,67, dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 69,62. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Disiplin Siswa, Hasil Belajar Siswa, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 19:18 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 19:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8985 |
Actions (login required)
View Item |