YULIANANINGSIH, 115060037 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT BENDA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD SANTA URSULA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER SKRIPSI YULI.docx Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
3. Motto.rtf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI yuli.rtf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
5. kata pengantar yuli.rtf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.rtf Download (51kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.rtf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
Bab I yuli.rtf Download (313kB) |
|
Text
BAB III Yuli 25agust2015.rtf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
Text
BAB IV cadangan.rtf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
BAB V good.rtf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.rtf Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT.rtf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini diteliti oleh Yuliananingsih di kelas III SDK Santa Ursula Bandung. Latar belakang masalah hasil belajar siswa yang rendah pada pelajaran IPA dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik sehingga membuat pemahaman siswa rendah dan nilai dibawah KKM. Adapun rumusan masalah, Apakah penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Penulis juga mengemukakan enam pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaiman prestasi belajar siswa sebelum mengikuti proses pembelajaran? 2) Bagaimana respon siswa selama siswa mengikuti pembelajaran? 3) Bagaimana dokumen pembelajaran? 4) Bagaimana aktivitas belajar selama mengikuti pembelajaran? 5) Bagaiman aktivitas guru selama guru melaksanakan pembelajaran? 6) Bagaiman hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran?. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui bagaiman perencanaan dengan menggunakan penerapan metode CTL. 2) Mengetahui bagaimana proses aktivitas siswa dan guru terhadap model CTL. 3) Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar setelah mengikuti model STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Objek penelitian adalah siawa kelas IIIC SDK Santa Ursula Bandung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket respon siswa, lembar observasi dokumen guru, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil perhitungan model pembelajaran CTL yaitu: 1)Perolehan nilai pada tahap pra siklus yaitu 64,70% siswa belum mencapai KKM dan 35,30% siswa sudah mencapai KKM. 2) Berdasarkan respon siswa pad siklus I 80,9% dan siklus I 90,6% 3) Berdasarkan dokumen pada siklus I mencapai 70,5% dan siklus II 80%. 4) Berdasarkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63,25% dan siklus II 82,5%. 5) Berdasarkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 66,5% dan siklus II 94,6%. 6) Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 47,1% dan siklus 2 mencapai 85,12%. Dengan demikian maka pembelajaran menggunakan CTL dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran CTL, Sifat-sifat Benda, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 18:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 18:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8968 |
Actions (login required)
View Item |