MENUMBUHKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KERJA SAMA SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

RISNAWATI, 115060184 (2016) MENUMBUHKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN KERJA SAMA SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (55kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTACT.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KESELURUHAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa indonesia merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk berkomunikasi secara efektif dan efesien, menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia, meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan social. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah berupa rendahnya hasil belajar Bahasa indonesia siswa kelas V SDN Baruttunggul II materi cerita rakyat. Data awal hasil belajar siswa yaitu 9% yang telah mencapai KKM 75. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi cerita rakyat dalam rangka meningkatkan hasil belajar Bahasa indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Baruttunggul II Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan yang terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain : perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, pengamatan/analisis data dan refleksi. Hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan instrumen penilaian produk yang terdiri dari pretest dan posttest. Standar penilaian didasarkan pada pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa indonesia peserta siswa kelas V SDN Baruttunggul II mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada pretest siklus I sebanyak 6 orang siswa yang tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 28%. Sedangkan pada posttest siklus I, sebanyak 9 siswa telah tuntas dengan pertsentase 43%.Pada pretest siklus II sebanyak 12 orang siswa yang tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 57%. Sedangkan pada posttest siklus II, sebanyak 14 siswa telah tuntas dengan pertsentase 67%. Pada pretest siklus III sebanyak 16 siswa tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 76% sedangkan pada posttest siklus III, sebanyak 18 siswa tuntas mencapai KKM 75 dengan presentase 86%. Kata Kunci : Discovery learning, Keterampilan Menyimak, Kerja sama, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 15:27
Last Modified: 12 Aug 2016 15:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8685

Actions (login required)

View Item View Item