Muhamad Rizki Maulana, 115060036 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.docx Download (70kB) |
|
Text
lembar pengesahan skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK Inggris.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah penerapan model discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKN. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada Kelas V SDN Cipagalo 01 dalam materi Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI) dan Bagaimana penerapan model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Cipagalo 01 pada Mata Pelajaran PKN dalam materi Menjaga Keutuhan Negara Republik indonesia (NKRI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cipagalo 01.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik motivasi maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I aktivitas dan motivasi siswa sebesar 55,5%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 52,7%. Pada siklus II aktivitas dan motivasi siswa sebesar 88,8%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 85% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 80 Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning terhadap hasil belajar kelas V SDN Cipagalo 01 merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 17:22 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 17:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8530 |
Actions (login required)
View Item |