ANGGUN RESTU NINGSIH, 115060271 (2016) PENGGUNAAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
JUDUL.doc Download (169kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (31kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH bisa d buka.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
daftar isi, sampai daftar lampiran.doc Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
lanjutan bab 1.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (28kB) |
|
Text
lanjutan bab 2.docx Download (252kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
LANJUTAN BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
lanjutan bab 4.docx Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
|
Text
bab 5 cadangan.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
lanjutan bab 5.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model STM serta mengetahui apakah pembelajaran IPA dengan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Citarik, Cicalengka Kab.Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi IPA khususnya materi tumbuhan hijau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas V-B sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai 80%. Adapun keberhasilan hasil yaitu jika motivasi dan hasil belajar siswa yang meliputi Lembar Kerja Kelompok, angket respon, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi motivasi siswa mencapai 80% dari jumlah kelas V-B yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 65) dan skor motivasi yang didapatkan mencapai 61%-80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model STM menurut langkah-langkah yang telah ditetapkan pada pembelajaran IPA dengan materi tumbuhan hijau dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V-B. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil motivasi dan hasil belajar siswa secara keseluruhan adalah sebagai berikut: hasil motivasi awal siswa siklus I sebesar 39,4% dan siklus II sebesar 72,73%. Hasil motivasi akhir siswa siklus I sebesar 69,80% dan siklus II sebesar 81,82%. Adapun hasil belajar awal siswa siklus I sebesar 9,09% dan siklus II sebesar 69,70%. Hasil belajar akhir siswa siklus I sebesar 48,48% dan siklus II sebesar 84,85%. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STM dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi tumbuhan hijau di kelas V-B. Kata Kunci: Model Pembelajaran STM, Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa, SD Negeri Citarik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 15:23 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 15:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8471 |
Actions (login required)
View Item |