WAHYUNI SUCIANA TRI, 215010018 (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Yadika 2 Paseh). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
7. RINGKESAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian dilaksanakan di SMP Yadika 2 Paseh menggunakan metode quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan angket. Hasil uji Independent Samples T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan pada posttest (p-value = 0,022). Hal ini didukung oleh nilai ratarata posttest kelas eksperimen (87,07) yang lebih tinggi daripada kelas kontrol (79,80). Uji N-Gain juga memperlihatkan bahwa peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen (rata-rata 0,61) berada pada kategori “cukup efektif”, sementara kelas kontrol (rata-rata 0,37) berada pada kategori “sangat tidak efektif”. Selain itu, angket menunjukkan peserta didik memberikan tanggapan positif, merasa lebih termotivasi, aktif, dan terbantu dalam memahami konsep melalui kegiatan membuat soal dan mengerjakan kuis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Kata kunci: Quizizz, Efektivitas, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:17 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 08:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |