PENERAPAN MODEL SELF REGULATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN CIVIC RESPONSIBILITY PERSERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik kelas XII di SMAN 16 Bandung )

Urfan,Adelia Ulya, 215010011 (2025) PENERAPAN MODEL SELF REGULATED LEARNING DALAM MENINGKATKAN CIVIC RESPONSIBILITY PERSERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik kelas XII di SMAN 16 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (288kB)
[img] Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (884kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kesadaran peserta didik terhadap tanggung jawab kewarganegaraan menjadi dasar dilaksakanya penelitian ini .Civic Responsibility yang mencakup identitas, kewajiban, kepedulian publik, nilai dasar masyarakat, serta kedisiplinan dan partisipasi masih memerlukan penguatan melalui strategi pembelajaran yang tepat. Model Self Regulated Learning (SRL) dipandang mampu menumbuhkan keterlibatan aktif peserta didik dalam menetapkan tujuan, merancang strategi, dan mengevaluasi hasil belajar, sehingga berpotensi meningkatkan tanggung jawab kewarganegaraan.Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group pre-test and post-test. Instrumen pengumpulan data berupa tes, angket, dan observasi. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada tahap pre-test antara kelas eksperimen dan kontrol. Setelah penerapan SRL, kelas eksperimen memperoleh skor post-test lebih tinggi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan R Square 0,838, menunjukkan bahwa 83,8% variasi Civic Responsibility dijelaskan oleh SRL. Uji N-Gain menempatkan kelas eksperimen pada kategori sedang–tinggi (0,66), sedangkan kontrol pada kategori rendah (0,07). Temuan ini menegaskan efektivitas SRL dalam meningkatkan kesadaran, kedisiplinan, dan tanggung jawab peserta didik sebagai wujud Civic Responsibility pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Civic Responsibility, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:16
Last Modified: 13 Oct 2025 08:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80558

Actions (login required)

View Item View Item