PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PEOPLE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM SAYAPKU KARAWANG

Adia Putri Nur Oktafiani, 214010159 and Dr. H. Juanim, SE.,MSi, Pembimbing (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PEOPLE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM SAYAPKU KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

ABSTRAK UMKM merupakan motor penggerak ekonomi daerah, termasuk di Jawa Barat. Pertumbuhan UMKM Kabupaten Karawang mengalami kenaikan dan memiliki potensi besar, namun masih kalah dibandingkan daerah lain seperti Bogor atau Bandung. Adapun kontribusi sub-sektor kuliner menyumbang 28,40% pada tahun 2023 terhadap PDRB industri kreatif Karawang, menjadikannya sektor paling dominan. Hal ini menunjukkan terdapat persaingan usaha kuliner di Kabupaten Karawang yang semakin kuat, salah satunya UMKM Sayapku yang merupakan usaha olahan fastfood khususnya sayap ayam. Masalah yang terlihat pada peneltian ini adalah tantangan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah penurunan interaksi promosi media sosial dan keluhan terhadap pelayanan dari karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan people terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner terhadap pelanggan Sayapku. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada struktur I terdapat pengaruh secara simultan social media marketing dan people terhadap kepuasan pelanggan sebesar 87,2%, secara parsial pengaruh social media marketing terhadap kepuasan pelanggan sebesar 40,4% dan pengaruh people terhadap kepuasan pelanggan sebesar 46,7%. Pada struktur II terdapat pengaruh social media marketing, people dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara simultan sebesar 87,4% sedangkan secara parsial pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 45,8%. Kata Kunci: Social Media Marketing, People, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2021
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:36
Last Modified: 10 Oct 2025 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80535

Actions (login required)

View Item View Item