SARI,WULAN, 215060147 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Peserta Didik Kelas V di SDN 04 Maroko Cibalong). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis peserta didik kelas V SDN 04 Maroko Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis cerita fiksi peserta didik kelas V di SDN 04 Maroko Kabupaten Garut. Metode yang digunakan yaitu pendekatan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 04 Maroko Kabupaten Garut, dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V-A sebanyak 25 orang, dan kelas V-B sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes, tes yang digunakan berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRCberbantuan media video animasi memiliki gambaran umum dengan Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 56,72, dan rata-rata posttest sebesar 83,34, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 55,13 dan rata-rata posttest sebesar 76,17. Dari hasil penelitian ini juga adanya perbedaan keterampilan menulis cerita fiksi dengan peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran CIRC berbantuan media video animasi, hal ini dapat dilihat dari perolehan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan nilai N-gain kelas V-A sebesar 0,60 dikategorikan sedang, sedangkan kelas V-B sebesar 0,46 dikategorikan sedang. Hasil penelitian selanjutnya nilai effect size sebesar 1,14 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media video animasi dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fiksi pada Sekolah Dasar. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, keterampilan menulis cerita fiksi, video animasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 07:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |