LESMANA ERIKA SANIA, 215050019 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELFREGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEMBASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN NEARPOD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan literasi matematis merupakan hal penting dari kemampuan kognitif peserta didik dan self-regulated learning merupakan kemampuan afektif yang menunjang keberhasilan belajar matematika. Akan tetapi, kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning peserta didik masih tergolong rendah, peserta didik mengalami kesulitan dalam literasi matematis. Penerapan model problem-based learning berbantuan Nearpod sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMP yang memperoleh model problem-based learning (PBL) berbantuan Nearpod lebih tinggi daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Mengetahui self-regulated learning siswa SMP yang memperoleh model problem-based learning (PBL) berbantuan Nearpod lebih baik daripada siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Mengetahui korelasi antara kemampuan literasi matematis dan self- regulated learning siswa SMP yang memperoleh model problem-based learning (PBL) berbantuan Nearpod. 4) Mengetahui efektifitas model problembased learning berbantuan Nearpod terhadap peningkatan kemampuan literasi metamatis. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP Pasundan 6 Bandung. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes yang mengukur kemampuan literasi matematis dan instrumen non tes berupa angket self-regulated learning. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan diantaranya 1) Uji-t dua pihak (Independent Sample t-Test). 2) Uji Mann-Whitney. 3) Uji Korelasi Pearson. 4) Perhitungan efektivitas menggunakan Effect Size (Cohen’s d). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Nearpod lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. 2) Selfregulated Learning peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Nearpod lebih baik daripada dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara peningkatan kemampuan literasi matematis dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model problem-based learning berbantuan Nearpod. 4) Efektivitas model problem-based learning berbantuan Nearpod terhadap kemampuan literasi matematis siswa tergolong kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Self-regulated Learning, Model problem-based learning, Nearpod.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |