PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Zahra Aldhea Rizky Noer, 205060208 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (345kB)
[img] Text
3. Pengesahan Penguji.pdf

Download (374kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. Abstract.pdf

Download (117kB)
[img] Text
8. Ringkesan.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10. Bab I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
11. Bab II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz terhadap kemampuan pemahaman pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sehingga dapat diolah menggunakan beberapa uji serta dapat dihitung menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang meliputi pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 peserta didik untuk kelas kontrol sebanyak 13 peserta didik dan kelas eksperimen sebanyak 13 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 21,5 kelas kontrol sebesar 16,2. Sedangkan hasil uji normalitas kelas eksperimen menggunakan hasil pretest sebesar 0,294 dan hasil posttest sebesar 0,107, serta untuk kelas kontrol hasil pretest sebesar 0,150 dan hasil posttest sebesar 0,537. Oleh sebab itu, kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Pada hasil uji homogenitas kelas eskperimen dan kelas kontrol dari nilai signifikannya Based on Mean yakni 0,931 yang bersifat homogen, hasil uji hipotesis menggunakan uji Gain Score pada kelas eksperimen yaitu 0,5254 termasuk kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,4314 termasuk kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz berpengaruh rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS kelas IV SD, hal ini disebabkan karena nilai rata-rata kelas eksperimen tidak jauh berbeda dengan nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga efektivitas model Problem Based Learning tidak signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, IPAS, Quizizz, IV SD.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:57
Last Modified: 24 Sep 2025 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78543

Actions (login required)

View Item View Item