PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA LET`S READ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment Pada Peserta didik Kelas IV SDN Cigumelor Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung)

RAHAYU HASNA NAJIYAH, 215060012 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN MEDIA LET`S READ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment Pada Peserta didik Kelas IV SDN Cigumelor Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (416kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (950kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran, yakni rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berabantuan aplikasi Let's Read sebagai media untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, serta melibatkan peserta didik kelas IV SDN Cigumelor sebagai subjek penelitian. Populasi penelitian mencakup 42 peserta didik, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan teknik Nonequivalent Control Group design, di mana kelas IV A di jadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik penggumpulan data meliputi tes pretest dan posttest serta observasi dan dokumentasi yang mendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan aplikasi Let's Read memberikan dampak positif terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas pembelajaran di kelas eksperimen meningkatkan secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata aktivitas pendidik kelas eksperimen meningkat dari 60% menjadi 97,5%, sedangkan untuk aktivitas peserta didik di kelas eksperimen meningkat dari 60% menjadi 90%. Uji Hipotesi Independent Sample t-Test menunjukan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berati H₀ ditolak dan H₁ diterima. Selanjutnya hasil N-Gain menunjukan peningkatan kemampuan membaca pemahaman sebesar 49,49% yang termasuk dalam kriteria sedang, dan 20,42% yang termasuk dalam kriteria rendah di kelas kontrol.dan rata-rata nilai kelas eksperimen 81,19 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki niali rata-rata 70,48. Dengan demikian, model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Let’s Read efektif mengoptimalkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Let's Read, membaca pemahaman, model CIRC

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:54
Last Modified: 24 Sep 2025 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78535

Actions (login required)

View Item View Item